Senin, 18 Oktober 2010

Sebab-Sebab Sseorang Masuk Ke Dalam Kelompok

Alasan-Alasan Mengapa Individu Masuk Ke Dalam Kelompok


Dari beberapa alasan mengapa seseorang masuk ke dalam kelompok, berikut sedikit penjelasan mengenai pembahasan materi kali ini. Ada beberapa pendapat mengenai materi kali ini yaitu,

Menurut Forsyth: Individu memiliki kebutuhan-kebutuhan psikologis misalnya rasa aman dan cinta. Serta meningkatkan ketahanan yang adaptif dan kebutuhan informasi akan berita-berita.

Menurut Shaw: Faktor ketertarikan interpersonal, aktivitas kelompok, tujuan kelompok, keanggotaan kelompok, dan efek instrumental dari keanggotaan kelompok (kemudahan yang didapat dari suatu kelompok).

Menurut Robbins (1998) : Keamanan, status, penghargaan diri, pertalian (aplikasi dari hubungan satu sama lain), kekuasaan.

Ada beberapa kerugian kelompok yaitu, Primary tension : ketegangan primer terjadi saat individu baru bergabung ke dalam anggota kelompok; Personal investments:individu berinvestasi dengan memberikan sebagian uang yang telah ditentukan seperti uang pendaftaran, selain uang juga ada waktu, tenaga, barang, iuran bulanan; Social rejection : penolakan sosial miasalnya, masuk geng motor; Interference: ada campur tangan orang lain; Reactance : reaksi individu terhadap kelompoknya. Keuntungan kelompok dibagi dua ada social support dan group member characteristic. Social support ada social approval: persetujuan dari lingkungan, apa yang dilakukan mendapat persetujuan dari kelompok; social belief confirmation: ada kepercayaan di dalam diri anggota kelompok. Group member characteristic ada competence: individu reaktif; physical attractiveness : ketertarikan fisik.

Sumber : Klara Innata Arishanti, 2005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar