Kamis, 24 Februari 2011

Makanan Pedas Membuat Mata Kita Berair?

Bagi pecinta makanan pedas, makanan yang banyak mengandung cabai telah menjadi makan sehari-hari. Tapi bagi sebagian orang, makan makanan pedas bisa menyebabkan mata berair dan hidung. Kenapa begitu?



Selain rasa makanan, sebuah cabe pedas untuk membuat tubuh sehat. rasa pedas dan sensasi terbakar yang disebabkan oleh cabe menghasilkan konsentrasi tinggi dari bahan aktif yang disebut capsaicin.

Capsaicin adalah kimia berasal dari nabati alami. Bahan ini digunakan oleh cabe untuk sistem pertahanan itu sendiri sehingga tidak dimakan predator seperti binatang.


Capsaicin telah banyak dipelajari untuk efek mengurangi rasa sakit, baik untuk manfaat kardiovaskular, penurunan berat badan dan membantu mencegah bisul. Selain itu, capsaicin ini juga yang membuat mata dan hidung orang yang makan berair. Mengapa?

Pelaporan dari WHFoods, hal ini karena capsaicin dapat merangsang sekresi lendir yang membantu mengatasi hidung tersumbat, paru-paru sesak, dan juga tentu saja membuat orang seolah-olah menangis karena matanya berair.

Rasa pedas yang dapat merangsang sekresi lendir, membuat cabai yang baik untuk mencegah dan mengobati sinusitis, membantu untuk mengurangi hidung tersumbat, flu dan kesulitan bernapas.

Bukan hanya itu, mata berair saat makan makanan pedas juga bisa disebabkan karena iritasi pada selaput lendir (selaput lendir) yang ada di mata.

Ketika terjadi kontak dengan selaput lendir, seperti kulit atau mata, maka akan menyebabkan capsaicin sensasi terbakar. Dan jika mempengaruhi mata, akan membuat orang menangis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar