Jumat, 25 Februari 2011

Mencegah Nyeri Pinggang

Sampai saat ini, cara mencegah nyeri pinggang masih kontroversial. Dahulu memang diketahui bahwa olah raga dan perubahan pola hidup merupakan cara yang terbaik untuk mencegah nyeri pinggang. Kenyataannya, beberapa penelitian menemukan, cara olah raga yang salah misal high-impact justru memperparah nyeri pinggang. Sebaliknya olah raga sangat penting untuk kesehatan secara umum dan tidak boleh dihindari. Olah raga low-impact seperti berenang, berjalan, bersepeda dapat meningkatkan kesehatan secara umum tanpa menambah sakit pinggang.

Olah raga tertentu: Bicarakanlah dengan dokter jika berkeinginan melakukan olah raga tertentu tanpa membebani pinggang. Olah raga tertentu misalnya olah raga prestasi.

Peregangan: Meskipun bukan untuk mengobati nyeri pinggang, peregangan sangat penting untuk menguatkan otot otot tulang belakang yang menyangga tulang belakang.

Sabuk pinggang: Pekerja yang pekerjaannya mengangkat beban berat perlu menggunakan sabuk pinggang. Walaupun demikian, penggunaan sabuk ini tidak menjamin cidera pinggang tidak akan terjadi.

Berdiri: Saat berdiri, usahakan kepala ditegakan dan perut ditarik. Jika diharuskan berdiri dalam jangka waktu lama, ambilah balok kecil untuk menopang salah satu kaki. Jangan menggunakan sepatu dengan hak tinggi.

Duduk: Kursi yang diduduki harus dapat menopang pinggang sampai ke tulang leher dengan baik, termasuk kursi kendaraan. Jika tidak tersedia, gunakan bantal kecil untuk menopang pinggang saat duduk.

Tidur: Sangat terggantung dari selera masing masing individu. Jika kasur terlalu lunak, banyak orang akan mengalami nyeri pinggang, demikian juga bila terlalu keras. Disini diperlukan coba coba terlebih dahulu. Menaruh papan antara tempat tidur dan kasur untuk membantu mengeraskan kasur yang terlalu lunak sedangkan untuk kasur yang terlalu keras bisa menambahkan matras tipis diatasnya.

Mengangkat: Jangan mengangkat obyek atau benda yang terlalu berat. Jika terpaksa, pastikan saat mengambil benda di bawah kemudian mengangkatnya, tulang punggung masih dalam posisi tegak. Dekatkan benda ke badan anda, kencangkan otot perut untuk menyeimbangkan tulang belakang.

SUMBER:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7135430

Tidak ada komentar:

Posting Komentar